Tulisan Arab yang Mengandung Nilai Seni

Share:

Tulisan Arab yang Mengandung Nilai Seni



Kebanyakan kalian akan mendapatkan jawaban bahwa tulisan arab itu disebut dengan kaligrafi. Padahal kaligrafi sendiri berarti tulisan indah. Menurut wikipedia, Kaligrafi berasal dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.

Jadi kaligrafi bisa bermacam-macam, tidak hanya tulisan arab tetapi dapat ditemukan pada kaligrafi Jepang, Cina, Yunani, Romawi, dan lain-lain. Tulisan Arab yang mengandung nilai seni disebut dengan seni khat. Nah ini yang paling tepat untuk mewakili tulisan arab.

Menurut Riyan Yogo dalam ASC UM, khat adalah tulisan indah yang di dalamnya terdapat disiplin ilmu yang mempelajari tentang anatomi huruf hijaiyyah, cara merangkai tiap huruf, cara menata tiap kalimat, dan cara memilih huruf. Khat merupakan salah satu hasil dari peradapan Islam. Pengaplikasian kaligrafi dapat dijumpai di berbagai dinding-dinding masjid, istana, kramik, dan lain lain sebagai hiasan. Selain itu lebih dalam lagi kaligrafi digunakan juga pada manuskrip/ teks dan mushaf Al-Qur’an sehingga keberadaannya sangat penting bagi Islam.

Adapun jenis-jenis khat yang kita kenal yaitu:
Khat Ri’qah
Khat Diwani
Khat Diwani Jali
Khat Farisi
Khat Kufi
Khat Tsuluts

Demikian penjelasan dari saya. silakan mencari penjelasan lain sebagai pembanding.

tulisan arab kaligrafi
gambar disalin dari: asc.ukmum.ac.id

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.