Seni Patung Adalah ...

Share:
Pasti kalian pernah melihat patung. Di mana kalian melihatnya? Coba amati bentuknya, panjang dan lebarnya, kemudian bertanyalah dalam hati bahan apa yang digunakan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), patung merupakan tiruan bentuk orang, hewan, atau sebagaianya dibuat dengan dipahat dari batu, kayu.

Sejarah patung dilansir dari Kompas bahwa sebelum abad ke-20, patung dianggap sebagai seni representasional. Di mana telah meniru bentuk-bentuk dalam kehidupan, seperti manusia atau benda mati, seperti permainan, peralatan, dan buku. Sejak pergantian abad ke-20, seni pahat juga mencakup bentuk-bentuk non-representasional. Tetapi baru pada abad ke-20 karya seni tiga dimensi yang non-fungsional, tidak representatif mulai diproduksi.

lanjut dari Kompas, Kemendikbud memberikan pengertian lain bahwa seni patung merupakan karya seni rupa berbentuk tiga dimensi yang diciptakan dengan metode substraktif (mengurangi volume) dan metode adiktif (penambahan volume). Di mana menggunakan bahan lunak (tanah liat, gymsum, dan lilin) atau bahan keras (kayu,batu, dab logam).

Patung berbentuk tiga dimensi adalah karya seni patung yang memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi atau memiliki volume yang dapat dilihat dari segala arah. Karya seni patung termasuk dalam karya seni rupa murni. Karena seni patung lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya.

gambar disalin dari mahajinoesa


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.