Seni Kriya Disebut Apa?

Share:
Pada umumnya seni kriya dibuat menggunakan tangan. Menurut situs tneutron.net seni kriya adalah semua hasil karya manusia yang memerlukan keahlian khusus yang berkaitan dengan tangan, sehingga seni kriya sering juga disebut kerajinan tangan. Seni kriya dihasilkan melalui keahlian manusia dalam mengolah bahan mentah.

Dalam KBBI kriya diartikan sebagai pekerjaan berupa kerajinan tangan. Adapun yang dimaksud dengan kerajinan yaitu barang barang yang dihasilkan lewat keterampilan tangan dan bukan mesin.

Meskipun pekerjaan membuat karya kriya tidak menggunakan mesin, namun beberapa bahan mesin dapat membantu manusia menyelesaikan karya kriya contohnya mesin putar keramik.

Seni kriya termasuk karya seni rupa murni dan seni rupa terapan. Kapan seni kriya menjadi karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan? mari kita lihat pengertian seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni yaitu karya seni rupa yang dibuat untuk dinikmati, dibahas estetika dan gagasan perupa/senimannya. Contohnya lukisan, patung, dsb.

Seni rupa terapan yaitu seni rupa yang dibuat untuk dipakai. contoh kursi, pensil, meja, papan tulis, dsb.

gambar disalin dari tedas.id

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.