Pengertian dan Fungsi Pameran

Share:
Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai bentuk apresiasi. Menurut Wikipedia, pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Pengertian lain disebutkan bahwa pangeran adalah pertunjukan karya seni atau produk menarik lainnya yang diadakan di galeri seni, museum, atau di pameran perdagangan.

Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun dalam Maxmonroe.com menulis pengertian pameran:
Menurut Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun, pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

Lanjut wikipedia, pameran dapat dirinci ke dalam berbagai jenis, berikut jenis-jenis pameran:

Pameran Tetap
Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. Waktu penyelenggaraan Pameran Tetap berlangsung minimal 1 kali dalam satu tahun

Pameran Temporer
Pameran tunggal atau pameran bersama yang menyajikan karya-karya seni rupa dalam jangka waktu tertentu yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Temporer berlangsung minimal selama 10 hari, maksimal berlangsung selama 30 hari.

Pameran Keliling
Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya di luar koleksi Galeri Nasional Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia dan atau di luar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerja sama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Keliling minimal berlangsung selama 10 hari.

Selain jenisnya, pameran juga memiliki fungsi. Beberapa jabaran berikut adalah fungsi pameran yang dilansir dari Maxmonroe:

Fungsi Pameran
Pameran memiliki beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran adalah sebagai berikut:

Fungsi Edukasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

Fungsi Apresiasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan karyanya sehingga mampu melahirkan berbagai tanggapan.

Fungsi Prestasi, yaitu fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

Fungsi Rekreasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

Demikian penjelasan  dari kami. Silakan mencari rujukan lain untuk memperkaya pengetahuan.

gambar disalin dari karar.com


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.