Pelopor Seni Lukis Modern Indonesia

Share:
Darma Ismayanto dalam historia.id menulis bahwa Raden Saleh adalah seniman Indonesia pertama yang melukis dengan disiplin Barat. Kelak dia dinobatkan sebagai pelopor seni lukis modern Indonesia. 

Raden Saleh Syarif Bustaman lahir di Terbaya, dekat Semarang, dari pasangan Sayid Husen bin Alwi bin Awal dan Raden Ayu Syarif Hoesen. Tahun lahirnya simpang-siur. Dalam sebuah lukisan potret diri, Raden Saleh menulis lahir Mei 1811. Tapi dalam sebuah surat dia pernah menyebutkan tahun 1814. 

“Bisa jadi karena dahulu di Jawa berlaku hitungan kalender Jawa (Saka) dan Islam sehingga Raden Saleh agak bingung ketika harus menyesuaikan dengan hitungan kalender Masehi,” kata Werner Kraus, kurator asal Jerman yang mendedikasikan seperempat abad  hidupnya untuk mempelajari karya Raden Saleh. Kraus lebih setuju tahun 1811 karena sesuai dengan data bahwa Raden Saleh belajar melukis pada 1819 ketika berusia delapan tahun.

Guru pertama Raden Saleh adalah AAJ Payen, seorang Belgia yang ditugaskan pemerintah kolonial untuk melukis alam dan pemandangan di Hindia Belanda. Karena bakatnya, dia mendapat kesempatan memperdalam ilmu di Belanda pada 1830. Di sana Raden Saleh belajar melukis potret pada Cornelis Krusemen dan lanskap pada Andreas Schelfhout.

Lebih lanjut di website gasbanter.comKanu Hizbam bercerita tentang Raden Saleh bahwa suatu hari, beberapa pelukis muda Belanda melukis bunga dan memperlihatkannya kepada Raden Saleh. Beberapa kumbang dan kupu-kupu hinggap di atasnya terkecoh dengan lukisan tersebut. Mereka lantas mencemooh Raden Saleh.

Merasa terhina, diam-diam Raden Saleh menyingkir selama berhari-hari. Karena cemas, teman-temannya menghampiri rumahnya dan masuk dengan mendobrak pintu. Mereka menjerit. “Mayat Raden Saleh” terkapar di lantai berlumuran darah.

“Lukisan kalian hanya mengelabui kumbang dan kupu-kupu, tapi gambar saya bisa menipu manusia,” ujar Raden Saleh tersenyum muncul di hadapan mereka.

Raden Saleh adalah seniman Indonesia pertama yang melukis dengan disiplin Barat. Ia dinobatkan sebagai pelopor seni lukis modern Indonesia.

disalin dari Blog Kulo

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.