Komposisi pada Seni Rupa

Share:

Apa itu Komposisi pada Seni Rupa?

Penyusunan dalam seni rupa biasa pula disebut komposisi atau tata rupa, yaitu pengaturan unsur-unsur rupa (visual) seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur pada suatu ruang atau bidang. Penyusunan atau pengkomposisian dalam berkarya seni rupa dilakukan untuk mewujudkan karya yang unsur-unsurnya memiliki kesatuan harmonis. 

Di dalam melakukan pengaturan komposisi, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesatuan yang harmonis, yakni kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, pusat perhatian, dan kontras.

Walaupun penerapan prinsip-prinsip penyusunan tersebut sesungguhnya tidak bersifat mutlak, namun pada umumnya karya seni rupa tidak menarik bila unsur-unsurnya tersusun tanpa memenuhi prinsip-prinsip penyusunan tersebut. Sebuah karya seni rupa yang unsur-unsurnya tersusun tanpa memenuhi prinsip-prinsip penyusunan bagaikan sampah yang berserakan atau yang bertumpuk di tempat pembuangan. Barang-barang buangan ditempat pembuangan disebut sampah karena dibuang begitu saja tanpa pertimbangan prinsip-prinsip penyusunan.

Sebaliknya, apabila barang-barang buangan yang memiliki unsur garis, bentuk, warna, dan tekstur tersebut disusun pada suatu ruang atau bidang tertentu dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip penyusunan dapat berubah menjadi sebuah karya seni rupa yang menarik. 

gambar disalin dari widewalls

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.