Karya Seni Rupa Daerah Setempat di Indonesia

Share:
Indonesia begitu kaya dengan karya seni rupa daerah setempat. Setiap daerah memiliki karya seni rupanya tersendiri. Pada pembahasan karya seni rupa daerah setempat, para pakar berpandangan bahwa yang dimaksud daerah setempat yaitu setiap provinsi ataupun kabupaten yang ada di Indonesia.

Contoh karya seni rupa daerah setempat menurut diskusi di forum brainly antara lain:

Seni pahat
Seni pahat menjadikan bahan kayu dan batu sebagai karya seni rupa dalam bentuk 3 dimensi (patung) maupun 2 dimensi (relief penghias dinding). Daerah yang terkenal akan pahatannya misalnya adalah Kabupaten Asmat di provinsi Papua, yang dikerjakan oleh suku Asmat dalam pola dan tekik tradisional. Suku  Asmat membuat hiasan patung yang bertema leluhur dan alam sekitarnya.

Contoh lainnya adalah wayang golek, yang merupakan seni pahat kayu dari suku Sunda di Jawa Barat dan Banten. Wayang golek membuat pahatan tokoh-tokoh cerita seperti cerita Mahabarata dan Ramayana.

Contoh lainnya patung Palindo di Lemba Bada, Lore Selatan Sulawesi Tengah. 

Seni lukis
Seni lukis menghasilkan seni rupa 2 dimensi, dalam media kanvas. Lukisan kamasan adalah contoh seni lukis tradisional di kabupaten Klungkung, Bali. Seni lukis Kamasan merupakan seni lukis klasik yang biasanya bertema kisah pewayangan, kehidupan bangsawan, dan dongeng binatang

Sementara itu di kabupaten dan kota Cirebon di Jawa Barat, banyak ditemui perajin lukisan kaca. Pada seni lukis kaca ini, sketsa lukisan dibuat di kertas, lalu dilukis pada kaca.

Seni kriya
Seni kriya menghasilkan kerajinan dalam bentuk tekstil dan kerajinan lainnya. Misalnya adalah seni tenun songket, yang banyak di produksi di pulau Sumatera, dan seni batik yang banyak diproduksi di pulau Jawa.

Batik dan songket banyak mengangkat motif bertema alam, seperti bunga, bambu dan pepohonan, serta motif hewan seperti burung. Batik banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur sedangkan songket yang terkenal yaitu songket yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Arsitektur
Di beberapa wilayah Indonesia juga terdapat karya arsitektur atau bangunan daerah setempat. sebutlah misalnya tongkonan dari Toraja sulawesi Selatan.

gambar disalin dari tribunnews.com

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.