Happening Art

Share:
Seni rupa happening atau disingkat happening saja, merupakan sebuah bentuk improvisasi atau pertunjukan spontan dari seorang atau beberapa orang perupa.  Happening dapat didefinisikan sebagai “ sejumlah kejadian yang secara sengaja dilakukan pada suatu lingkungan yang telah dirancang sebelumnya.” Happening dapat berlangsung di galeri seni rupa, di halaman mall,  di tempat pembuangan sampah, di puncak gunung atau di tep[i pantai. Karena kejadian yang ditampilkan bersifat spontan, maka tidak diperlukan latihan yang mendahului.

Happening tampil sekali dan tidak diulangi. Karena itu, karya happening berlalu seiring dengan kepergian sang waktu. Ia dapat abadi jika direkam. Dikaitkannya happening yang merupakan karya seni pertunjukan dengan seni rupa karena ia mulai diperkenalkan pada tahun 1952 oleh perupa Robert Rauschenberg, Jasper John, dan pemusik John Cage di Black Mountain melalui karya happening yang berjudul Theatre Piece #1. Pada karya tersebut, ketiga seniman ini menampilkan tarian spontan, resitasi, permainan piano, dan lukisan-lukisan yang diproyeksikan ke dinding melalui media slaid. Istilah happening kemudian tergantikan dengan istilah lain seperti “teater lingkungan” dan “seni Rupa Pertunjukan”.

gambar disalin dari Pinterest
--dari draft pengetahun dasar seni rupa

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.