Cetak Tinggi adalah ...

Share:
Cetak-mencetak adalah bagian dari seni grafis, baik itu berupa karya terapan maupun karya seni murni. Karya terapan adalah karya yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sedangkan karya seni murni adalah karya yang hanya bisa dinikmati tanpa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut web dkv binus university cetak tinggi sendiri dikenal dengan beberapa variasi, antara lain cukil pada permukaan kayu (woodcut), cukil pada permukaan linoleum (linocut) dan cukil pada permukaan logam (metalcut). Cetak tinggi ini banyak diaplikasikan karena hasil cetaknya jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan karya lukisan.

Cetak tinggi adalah teknik mencetak dengan memanfaatkan bagian terluar permukaan suatu benda agar menghasilkan cetakan yang sesuai dengan bentuk permukaan benda tersebut. Dalam pengertian lain, Laura Christina Luzar mengatakan cetak tinggi atau relief print adalah salah satu dari beberapa macam teknik cetak yang memiliki acuan permukaan timbul atau meninggi, dimana permukaan timbul tersebut berfungsi sebagai penghantar tinta. Bagian yang dasar atau permukaan yang tidak timbul merupakan bagian yang tidak akan terkena tinta atau disebut bagian negatif, sedangkan bagian yang kena tinta disebut bagian positif. Untuk memperoleh acuan cetak yang timbul dapat dilakukan dengan cara menghilangkan bagian-bagian yang tidak diperlukan menghantarkan tinta, sehingga tinggal bagian-bagian yang memang berfungsi sebagai penghantar warna atau tinta. Salah satu sifat cetak tinggi adalah apabila acuan cetaknya diamati, maka permukaannya acuan akan tampak sebagai permukaan yang berukir atau berelief. Oleh karena itu cetak tinggi disebut pula sebagai cetak relief atau relief print.

Contoh cetak tinggi adalah woodcut dan relief print. Di bawah ini adalah hasil karya cetak tinggi yang dibuat oleh Muhlis Lugis dengan memanfaaatkan hardboard yang dibentuk berdasarkan hasil cetak yang diinginkan. Hasil karya yang dibuat Muhlis Lugis di bawah ini adalah contoh seni grafis murni.

disalin dari: artsy.net

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.