Proporsi dalam Seni Rupa

Share:
Proporsi atau proportion dalam bahasa Inggris adalah salah satu prinsip dasar tata rupa yang penting dipenuhi untuk memperoleh keserasian pada sebuah karya seni rupa. Istilah “proporsi” diartikan secara singkat sebagai “perbandingan ukuran”. Bila istilah ini dikenakan pada suatu objek yang proporsinya tampak wajar maka disebut “proporsional” yang berarti perbandingan ukuran yang serasi. Kesan serasi suatu objek pada dasarnya bersifat relatif. Namun, pada objek tertentu, keserasian yang timbul dari perbandingan ukuran yang sesuai memiliki standar tertentu yang dibangun melalui hasil riset, teori, atau karena kebiasaan yang belangsung secara alami. Proporsi yang memiliki standar tertentu ada yang bersifat matematis yang dikenal dengan The Golden Mean (Proporsi Agung), yaitu proporsi yang paling populer dan banyak dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur.

Pada karya seni rupa, proporsi dapat diidentifikasi ke dalam tiga macam, yaitu proporsi satu benda/objek, proporsi antarbenda/objek, dan proporsi ruang. Proporsi satu benda adalah perbandingan ukuran antara bagian-bagian suatu objek, ada yang sifatnya alamiah misalnya proporsi manusia dan ada pula sifatnya buatan manusia seperti proporsi meja, kursi, mobil, motor, sepeda, dan lain-lain. Keproporsionalan suatu benda atau objek buatan manusia terbentuk karena mempertimbangkan aspek ergonomi (kenyamanan manusia ketika menggunakan benda tersebut). Proporsi antarbenda atau objek adalah perbandingan ukuran antara benda/objek yang satu dengan benda/objek lainnya pada sebuah karya seni rupa, misalnya perbandingan ukuran mobil dengan manusia, dan kelinci pada sebuah lukisan realis. Sedangkan, proporsi ruang adalah perbandingan ukuran antara objek yang digambarkan dengan ruang atau bidangnya, misalnya perbandingan ukuran objek yang dilukiskan dengan kanvasnya, perbandingan ukuran patung dengan ruang tempat patung itu diletakkan, perbandingan ukuran dan jumlah prabot dengan luas ruangannya, dll. Dalam bidang desain proporsi ini dapat dilihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

--dari draft pengetahuan dasar seni rupa
gambar disalin dari toyeens


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.