Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik - Seni Rupa dan Sejarah

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Share:
Banyak pertanyaan yang muncul tentang perbedaan ketiga istilah tersebut. Saya yakin kalian telah banyak mencari rujukan untuk membandingkan dengan pengertian yang akan diberikan berikut ini. Secara sederhana ketiga istilah ini hampir mirip dalam penerapan visual namun jika diperhatikan lebih jauh maka akan terlihat perbedaannya. Berikut perbedaan kolase, montase dan mozaik.

Kolase
Menurut Prof. Sofyan Salam, Kolase yaitu apapun yang ditempel. Jika anda menempel kursi pada dinding maka itu juga bisa disebut kolase. Jika anda menggabung beberapa material pada satu bidang maka itu juga disebut kolase.

Kolase banyak diekspresikan oleh anak-anak yang duduk di bangku pendidikan dasar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Secara umum kolase yang dibuat terbuat dari kacang-kacangan, tempel menempel kertas koran dan sebagainya. Pada dewasa ini, kolase tidak hanya menjadi primadona untuk ekspresi anak-anak, di tingkat pendidikan tinggi bahkan pada pameran-pameran juga telah banyak diangkat teknik kolase.

dari zart art
Karya kolase terkenal telah dibuat tahun 1900-an oleh Picasso berjudul Still-Life with Chair Caning, 1912.
dari pablopicasso


Montase
Istilah ini cukup asing untuk Anda dengar. Namun istilah ini banyak digunakan bagi para pengguna aplikasi edit foto. Jadi apa itu montase?

Montase adalah menempelkan gambar jadi untuk membuat gambar baru yang punya makna tertentu. Teknik montase ini banyak digunakan untuk memanipulasi gambar secara digital, bahkan montase digital ini telah banyak bersebaran di youtube dan lebih dikenal dengan istilah "photo manipulation".

dari pinterest

dari youtube
Mozaik
Langsung saja, mozaik yaitu menggabungkan material sejenis untuk menghasilkan bidang baru. umumnya mozaik yang dibuat memiliki banyak warna. Contoh materialnya adalah pecahan kulit telur, pecahan kaca, dan sebagainya. Warna yang dihasilkan dari karya mozaik ini tergantung dari ide anda. Warna bisa dihasilkan dari warna alami pecahan material dan bisa juga dihasilkan dengan menambahkan warna buatan seperti cat akrilik, cat minyak, cat poster dan sebagainya.

dari shandi schimmel
Taman Mozaik Surabaya, dari nyero.id
Persamaan Kolase, Montase dan Mozaik
Jika tadi kita telah melihat perbedaannya, sekarang kita lihat persamaannya. Sederhananya persamaan ketiga istilah ini adalah tempelan. Ketiga istilah ini menggunakan tempelan.

Terima kasih telah membaca. Mari berdiskusi.

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.