Sejarah Seni Rupa Barat (Yunani)

Share:
Yunani pernah menjadi kiblat dunia antara 1100-100 SM. Pun sekarang saya masih terkagum-kagum dengan pemikiran masa lalunya.

Wilayahnya tidak begitu subur. Dingin mencekam pada musimnya. Panaspun mencekam pada puncaknya. Memahami Yunani, memisahkan kita pada banyak bagian berbeda.

Yunani menjadi pusat budaya. Pengetahuan. Filsafat. Kesenian dan olahraga (olimpiade I tahun 776 SM). Mereka adl bangsa yg suka diskusi. Teater (nama gedung) sbg media pendidikan. Athena pusat pemerintahan tak terkalahkan. Yunani menjadi peletak pertama kebudayaan barat.


Di akhir-akhir tahun 1200an SM. Saat Mikenai (baca postingan sebelumnya) diserang habis-habisan oleh bangsa Doria dan Ionia di Yunani daratan, beberapa warga Mikenai kawin dengan bangsa Doria dan Ionia. Lahirlah bangsa Hellas atau Hellena. Hellena menjadi bangsa yang suka merantau sekaligus punya pengaruh yang kuat di daratan Yunani saat itu.

Di tengah perburuan bangsa lain. Hellena juga mengumandangkan penyebaran nama dewa-dewa mereka seperti Zeus, Hera, Athena Helios, dkk.

Masa itu. Yunani tidak membentuk negara besar. Komposisi daratan dan gugusan pulau menjadikan Yunani punya pemerintahan di setiap tempatnya. Sederhananya, setiap tempat adalah negara. Seperti, Athena, Sparta, dll. Dan hampir setiap negara bermusuhan. Namun jika ada serangan dari luar Yunani, mereka bersatu.



700an tahun setelah Hellena terbentuk (kemungkinan th. 500 SM) Yunani (Athena) melawan Persia. Yunani menang. Berlarilah seseorang dari Marathon ke Athena untuk mengabarkan berita kemenangan itu. Mungkin itulah sebabnya ada lari Maraton.



Raja Athena percaya diri. Berkembanglah Athena masa itu. Bangsa Sparta dan negara sekitarnya cemburu. Mereka sepakat menyerang Athena. Athena jadi puing. Keseluruhan Yunani akhirnya tumbang di tangan bangsa Macedonia (diserang dari luar). Macedonia masuk Yunani. Beberapa negara bagian Yunani menyerah.

Sekitar tahun 100 SM. Romawi masuk Yunani. Macedonia minta bantuan pasukan Yunani terakhir. Mereka kalah telak. Romawi kuasai Yunani.


Tahun 0 Masehi. Nabi Isa AS lahir.