Sejarah Seni Rupa Barat (Romawi)

Share:
Sebelum menuju Romawi. Saya kembali ke Yunani. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi di Yunani yaitu di bukit Acropolis, Athena. Di sana tersimpan banyak artefak hasil konsepsi 2500 tahun yang lalu. Meski saat ini sudah banyak rekonstruksi, namun masih terasa kuatnya peradaban 1100 - 100 SM.


Hampir seluruh daratan Eropa itu adalah Romawi di masa lalu. Titik berkembangnya mulai tahun 200 SM - 300 M. Jadi 200 tahun sebelum Nabi Isa diturunkan ke dunia, bangsa Romawi telah berumur 200an tahun. Bagaimana dengan Kekaisaran Persia? Nanti kita bahas. Persia masuk wilayah Timur. Tapi sedikit bocoran, Persia jauh lebih tua dari Romawi.

Bangsa Romawi berasal dari 3 suku: Etruria, Latin, dan Yunani (bangsa Yunani yg merantau) dan menjadikan Kota Roma sbg pusatnya. Dari cerita-cerita Barat (753 SM) Roma didirikan oleh Romus dan Romulus. Suatu waktu merek berdua ditelantarkan, kemudian diasuh oleh serigala betina dan dibesarkan oleh petani.

Patung Capitoline Wolf

Patung di atas menggambarkan Romus (Remus) dan Romulus yang menyusu pada Serigala betina. Dalam chronicle Romawi, ketika mereka dewasa, saudara kembar itu membangun kota Roma. Suatu hari mereka bertengkar untuk menentukan siapa yg jadi pemimpin. Romulus menang. Romulus mengabadikan namanya menjadi Roma. Lupakan sejenak kekalahan AS Roma di Liga Champion baru-baru ini.

Sejak seluruh Yunani dikalahkan 165 M. Romawi berada di puncak kejayaan dunia menguasai Asia Kecil, Suriah, Afrika Utara, Spanyol, Perancis dan Inggris. Mereka percaya bahwa dewa membantu mereka mengalahkan bangsa2 lain. Diabadikanlah dewa-dewa mereka seperti Jupiter, Juno, Neptunus, Venus, dll.

Bangsa romawi sadar akan literasi. Dokumentasi sejarah mereka lengkap. Khususnya masalah politik dan pencatatan ilmu yg diambil dari Yunani. Selain perang, mereka menjadi kuat mempelajari arsitektur dan administrasi pemerintahan. Itulah sebabnya, Yunani hancur tapi catatan2 Yunani terdokumentasikan dgn baik karena jasa Romawi. Bangsa Romawi sangat menguasai ilmu pemerintahan, istilah "senat" itu lahir dari peradaban bangsa Romawi, yaitu orang2 yg memberi pertimbangan pada raja/kaisar.

Senat Romawi Bertengkar menikam Julius Caesar

Dari tahun 165 M. kita lompat 300 tahun kemudian. Kira-kira tahun 476 M. Akibat kemerosotan peradabannya. Romawi pecah. Romawi Timur dan Barat. Hispania menjadi negara sendiri (sekarang Spanyol), Gaul menjadi negara sendiri-sendiri (sekarang Perancis, Belgia dan Swiss) dan tentu Italia (Roma).


Romawi Timur sering disebut Konstantinopel atau Byzantium. Dan memiliki kaisar sendiri. Konstantinopel terletak di Selat Bhosporus, Istanbul Turki (sekarang). Dari sejarahnya. Bangsa Romawi Timur adalah keturunan bangsa Troy (Troya) yang pernah berperang dengan bangsa Spartan (Yunani). Silakan lihat kembali pembahasan Mycenae (Mikenai).

Peradaban seni Romawi Barat banyak dipengaruhi oleh peradaban Yunani. Oleh karena itu, gaya arsitektur Romawi banyak mengambil dari Yunani. Sebut saja misalnya, kuil Parthenon di Acropolis, Athena. Anda bandingkan dengan kuil Pantheon di Romawi. Atau Andi bisa ke Amerika, bandingkan dengan arsitektur Gedung Putih (White House) di sana.

Kuil Parthenon

Kuil Pantheon

White House Amerika


Gelanggang teater Yunani hampir mirip dengan Collosseum di Roma. Fungsinya sama, tempat pertunjukan seni dan unjuk gigi tentara Romawi. Anda pasti tidak asing dengan nama "Gladiator". Itu adalah nama pasukan Romawi yang sering tampil hidup-mati di Colosseum Roma.
Lokasi Teater Epidaurus

Colosseum di Roma