Sejarah Seni Rupa Barat (Pulau Kreta dan Mycenae) di Laut Aegia

Share:
Jika kita berpikir sejenak. Rasa-rasanya sangat luar biasa melihat Lions Gate ini yang merupakan peradaban tua prayunani. Kira-kira 1300-an tahun sebelum Masehi. Jauh sebelum orang-orang Yunani seperti Plato dan Aristoteles berbicara tentang teori-teori keindahan dan hukum-hukum kausalitas.


Di atas ini peta Mikenai dan Pulau Kreta, supaya Anda tidak menghayal kemana-mana. Dari sini. Peradaban besar Yunani di mulai. Usahlah kita bahas Athena. Itu belakangan lahirnya. 

Tempat penting pertama yaitu Cretes Island. Jika diindonesiakan sedikit aneh, Pulau Kreta. Dan tidak ada hubungannya dengan kereta yang ditunggangi para raja seperti di Indonesia.

ASAL-USUL PULAU KRETA
Bangsa Pulau Kreta berasal dari bangsa Anatolia tua (6000 SM; neolithicum), Anatolia baru (2.800 SM; perunggu) dan bangsa Mesir (3.500 SM).

Mereka percaya pada dewi-dewi dengan simbol-simbol seperti bunga, ular, dan bentuk-bentuk hewan lainnya. Mereka menganggap banteng itu keramat karena tanduknya suci, makanya setiap tahun ada tradisi lompat banteng di Pulau Kreta.


Karena Pulau Kreta adalah sebuah pulau yang memiliki pegunungan. Maka di sana terdapat pelabuhan alami. Masyarakatnya hidup dari berdagang dan berkebun. Informasi bahasa yang mereka gunakan masih sangat terbatas. 

Peradaban di Laut Aegia ini terungkap setelah dua orang, yaitu H. Schliemann (Jerman) 1870-1890; terangsang untuk meneliti peradaban Laut Aegia setelah membaca syair-syair Humerus (Yunani) dan Arthur Evans (Inggris) 1900-an meneliti  Pulau Kreta.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kehancuran peradaban Pulau Kreta akibat dari letusan gunung  merapi di Thera, tsunami, dan serbuan bangsaluar yang membakar kota.

PEMBAGIAN MASA
Sebelum membagi masanya, perlu diketahui bahwa bangsa yang tinggal di Pulau Kreta itu adalah bangsa Minoan. Mengapa disebut bangsa Minoan? karena raja mereka namanya raja Minos.

Peradaban bangsa Minoan terbagi atas tiga masa:
Minoan Awal -- 2.800-2.000 SM;
Minoan Tengah-- 2.000-1.550SM;
Minoan Akhir -- 1.550-1.100 SM.

Mengapa dibagi?
Karena masing-masing memiliki gaya karya tersendiri.

Anda bisa melihat karya patung di bawah ini yang berasal dari Minoan Awal:


Pada Minoan Tengah, terjadi perubahan khususnya seni bangunan (istana). Pola hidup masyarakat bersifat profan (mementingkan keduniaan). Di masa ini pula mulai ditemukan keramik.

  

Dan keramiknya sudah mulai dilukis dengan hewan-hewan laut misalnya.

Di bagian masa Minoan Akhir, anda dapat menemukan istana yang terkenal pada zamannya yaitu istana Knossos. Istana tersebut sangat megah, sudah bertingkat, fasilitas cukup lengkap dan sarana sanitasinya bagus.



Kira-kira begini gambaran istana Knossos setelah direkonstruksi oleh para ahli




Salah satu sisi bagian dalam istana Knossos




KEDUA, peradaban penting setelah Pulau Kreta yaitu Peradaban Mycenae (Mikenai, terkadang disebut juga Mikonos)

ASAL-USUL MIKENAI (MYCENAE)
Peradaban Mikenai di Yunani Daratan berkembang setelah peradaban Minoan (P. Kreta) mengalami penurunan. Kebudayaan Mikenai dipengaruhi oleh kebudayaan Minoan dan Mesir.


Orang-orang Mikenai sering diserang dari bangsa luar, misalnya bangsa Doria. Olehnya itu untuk membendung serangan dari bangsa luar (Doria), orang Mikenai membangun benteng pertahanan.

Anda perhatikan dari sini, pada peradaban Minoan tidak ditemukan benteng. Mengapa? karena bangsa Minoan disegani oleh bangsa-bangsa sekitarnya. Berbeda dengan Mikenai yang dikelilingi oleh benteng.

Mikenai akhirnya takluk oleh bangsa Doria 1200 SM. cerita peperangan bangsa Mikenai dan Doria diabadikan Humerus dalam syair Illiad dan Odyssey.


Lions Gate di atas adalah karya peradaban yang luar biasa. Anda jangan membayangkannya di zaman sekarang. Coba putar nalarnya ke masa 1300 SM. Tentu akan mengagumkan.

Lions Gate ini berada di Mikenai. Kebudayaan Mikenai berkembang di Yunani daratan setelah kebudayaan Minoan mundur.

di sekitar Mikenai, terdapat penyimpanan harta Atreus. Tentu mereka yang senang bermain game God of War tidak asing dengan nama ini. 


Di atas adalah penampakan penyimpanan harta Atreus. Jika kita lihat ke dalam maka Anda akan meliharnya seperti ini.



Tidak hanya berperang, pada kebudayaan Bangsa Mikenai juga ditemukan lukisan.




Melalui informasi-informasi yang terdapat dalam lukisan dan relief bangsa Mikenai, dari situlah alasan para pembuat film-film hollywood untuk merekonstruksi model pakaian mereka ke dalam film, supaya terasa bahwa begitulah yang terjadi waktu itu.


Gambar di atas adalah topeng emas Agamemon. salah satu raja di Mikenai. Topeng emas melambangkan kekuatan mereka. Hanya raja-raja Mikenai yang berhak menggunakan topeng itu.


Sebenarnya masih ingin saya lanjutkan. Apa boleh buat film "Troy" lebih menarik untuk disaksikan. Masa ketika prajurit Sparta berhadapan dengan prajurit Troya hanya karena salah satu pangeran Troya membawa kabur istri pemimpin pasukan Sparta. Terjadilah perang besar. Pasukan Sparta membawa 1000 kapal menyeberangi Laut Aegia menuju Troya. Kedua pasukan saling serang. Penunggang kuda Troya membabi buta. Spartan mundur. Kalah oleh pemanah terbaik Troya yang menyerang dari atas benteng. Malam hari ketika semua pasukan Troya tertidur karena pesta kemenangan, Spartan balik menyerang. Troya hancur dalam semalam.

Namun nama-nama mereka abadi hingga kini. Virus komputer Trojan Horse inspirasi dari kisah perang besar prayunani.