Makassar Biennale 2017 Maritim: Acara Bedah Buku Seni Ilustrasi Karya Prof. Sofyan Salam

Share:




Menyoal bingungnya banyak kalangan mengenai yang mana itu ilustrasi sehingga menghadirkan buku ini ke tengah khalayak.


foto dari Facebook Irfan Arifin

Hadirnya buku Seni Ilustrasi dalam catatan pembedahnya yaitu Ida Siti Herawati memberikan tanggapan bahwa buku Seni Ilustrasi karya Prof. Sofyan Salam merupakan gambaran tentang ilustrasi dan targetnya adalah akademisi dan pendidik.

Sementara Akbar Zakaria lebih menyoroti perdebatan abad 20 tentang pemisahan seni dan ilustrasi. Seni pada abad itu dianggap memihak pada pemilik modal dan golongan atas. Akbar menegaskan, seni untuk semua golongan.

Menurut Prof. sofyan Salam, lahirnya buku Seni Ilustrasi untuk mengangkat derajat profesi ilustrator yang dulunya dianggap berpisah dari seni menjadi bagian dari seni. Oleh karena itu, Prof. Sofyan Salam mengambil judul bukunya "Seni Ilustrasi" sebagai entitas bahwa berpisahnya seni dan ilustrasi sudah usai, terbitlah gagasan seni ilustrasi untuk menyelaraskan kevakuman masa lalu antara ilustrasi dan kesenian.



Peserta bedah buku berfoto memegang buku Seni Ilustrasi


Budaya foto selepas acara



Pak Abd. Kahar Wahid, Pendiri Seni rupa UNM dan Pembuat Logo UNM



Ibu Ida Siti Herawati dari Universitas Negeri Malang, Pembedah buku Seni Ilustrasi, Peneliti ilustrasi dan pemberi Kuliah Umum tentang "Makna Ilustrasi pada Buku Teks Sekolah Dasar"