Sejarah Seni Rupa Barat dan Gaya Tiang Yunani

Share:



Gaya arsitektur klasik memang tiada bosan memandangnya. Sudilah orang-orang dahulu itu berbagi pemikiran menariknya kepada kita di zaman posmodern ini.

Dulu saat masih kuliah, saya menyukai mata kuliah sejarah seni rupa barat. Setiap tiang-tiang klasik itu ada namanya. Maka tidak heran di beberapa perguruan tinggi ternama di seluruh dunia, lembaga penegak hukum dan istana pemerintahan ditemukan gaya arsitektur klasik.

Namun sayangnya, klasik selalu kita identikkan dengan kata kuno atau tradisi (yang zamannya sudah tentu berbeda antara tradisi dan klasik). Padahal klasik adalah puncak kreativitas dan anti kebosanan.

Maka menariklah selalu hal klasik dipandang mata. Lukisan-lukisan dari bahan alam. Bangunan-bangunan. Lagu-lagu klasik. Syair-syair idealisme plato. Sejarah Babilonia. Pahatan-pahatan di pulau Kreta (cratos, kretes--silakan googling).

Dari tiga bentuk tiang klasik, saya menyukai bentuk tiang Ionia--silakan googling. Saya jadi terbayang rambut Marilyn Monroe setelah kita bicara Ionia.





Sebuah jalan di Valetta