Kura-kura Ninja dan Pelukis Terkenal

Share:
Raphael, Leonardo, Donatello dan Michelangelo adalah tokoh fiksi Kura-kura Ninja (begitu sebutan untuk mereka di Indonesia), sebuah komik dan film fiksi yang diterbitkan oleh Marvel. Tingkah lucu dan lincah kisah empat orang sekawan ini memberantas kejahatan telah banyak menarik perhatian pembaca dan penontonnya. Diajar oleh seekor tikus, mereka menyebutnya guru Splinter.

Lupakan sejenak guru Splinter dan kura-kura ninja. Pernahkah terlintas dalam pikiran nama Raphael dkk. itu berasal dari mana? Mungkin ada yang tahu dan ada juga yang sementara mengingatnya. 

Ok, mungkin lebih populer jika saya menanyakan ini; pernah mendengar atau melihat lukisan Mona Lisa? sebuah lukisan bersejarah abad Renaissans yang saat ini hanya bisa dinikmati dari jarak dua meter dari pandangan mata langsung.

Mona Lisa, Leonardo da Vinci
Ya. Pelukisnya adalah Leonardo da Vinci. 
Leonardo da Vinci (lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai genius universal. 
Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan kuliner. (dari wikipedia)


St. George in Orsanmichele, Florence pahatan Donatello


Donato di Niccolò di Betto Bardi (sekitar 1386 - 13 Desember 1466), juga dikenal sebagai Donatello, adalah seorang seniman dan pematung Italia dari Firenze pada awal abad Renaisans. Ia dikenal sebagai salah satu pematung terbaik pada zamannya. Ia menggunakan tipe khusus dalam teknik mematung yang membuat karyanya terlihat sangat nyata. (dari wikipedia)


The Creation of Adam (gambar sengaja dipotong), Michelangelo

Michaelangelo Buonarroti' atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni (dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Perancis disebut Michel-Ange, yang kurang lebih berarti Malaikat Mikail) (lahir di Caprese dekat Arezzo, Republik Florence (masa kini Toskana, Italia), 6 Maret 1475 – meninggal di Roma, Negara-negara Kepausan (masa kini Italia), 18 Februari 1564 pada umur 88 tahun) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissans. (dari wikipedia)




The School of Athens, 1511, Raphael


Raphael Sanzio atau Rafaello Sanzio (lahir di Urbino, Italia, 6 April 1483 – meninggal di Roma, Italia, 6 April 1520 pada umur 37 tahun) adalah ahli lukis dan arsitektur terpelajar Italia dari kota Firenze pada masa High Renaissans. Ia juga dikenal dengan panggilan Raffaello Santi, Raffaello da Urbino, atau Rafael Sanzio da Urbino. (dari wikipedia)

Masa Renaissans disebut sebagai era kebangkitan Yunani Kuno. Seperti namanya Renaissance; kembangkitan kembali (Yunani).

Ok, kembali ke tokoh kura-kura kita. Jadi nama keempat tokoh Kura-kura Ninja adalah penghormatan mengenang empat tokoh renaissans yang berjaya pada masanya.


Saya tidak tahu latar belakang pembuat komiknya, bisa jadi pengagum karya masa Renaissans.